Rahasia Dibalik Nikmatnya Kerak Telor Betawi

Kerak Telor

Pesan Makanan Nusantara – Siapa yang tidak tahu makanan legendaris yang bahkan menjadi jajanan wajib jika berkunjung ke Jakarta? Kerak telor namanya, kerak telor adalah makanan khas Jakarta atau Betawi yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam dan bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa sangrai.

Pada artikel ini, Wakuliner yang memiliki jasa Pesan Makanan Nusantara akan memberikan tips dan bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan kerak telor sehingga memberikan sensasi kelezatan yang sangat khas. Berikut ulasannya.

Bahan :
• 30 gram bawang merah, goreng kering
• 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
• Bawang merah goreng khusus untuk taburan
• Bumbu yang dihaluskan, 4 buah cabai merah keriting, 1/2 sdt merica butiran, 3 cm kencur, 1 cm jahe, 100 gram beras ketan putih, 250 ml air, 100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur, 15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan dan 5 butir telur bebek

Cara pembuatan :
• Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
• Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
• Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
• Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
• Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
• Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Bagaimana? Sederhana bukan resep kerak telor khas Betawi ini? Apakah Kamu siap mencoba membuatnya di rumah? Jika Kamu punya ide untuk berbisnis kuliner, tidak ada salahnya memilih kerak telor sebagai pilihan makanan, pasti banyak yang mencarinya mengetahui sekarang sangat jarang ditemukan penjual kerak telor. Untuk jangkauan penjualan lebih luas, Kamu juga bisa mengunjungi laman kami di wakuliner.com.
Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Leave a comment