Blog

Camilan Seluruh Pemuda Nusantara

ker.jpgBagi masyarakat Indonesia, kerupuk bukanlah makanan baru didengar. Camilan ini biasanya dinikmati dengan mengkonsumsinya secara langsung atau bersamaan hidangan lauk pauk lainnya sebagai pelengkap menambah selera makan. Berbagai warung makan, toko makanan dan sembako hingga ke restoran berbintang sekalipun kamu dapat menemui camilan kerupuk.

Disamping beredarnya kerupuk, ternyata setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai macam jenis dan bentuk dari kerupuk. Ada kerupuk yang berbentuk keriting, berbentuk bulat tipis dan sebagainya. Hal tersebut tergantung dari asal kerupuk berada. Misalnya pada daerah Palembang, Lampung, Kepri maupun Bangka Belitung memiliki cita rasa dan bentuknya yang khas berbeda dari daerah lainnya.

Pada artikel ini Wakuliner yang merupakan pusat Jajan Makanan Online akan memberikan resep utama bagaimana cara membuat kerupuk Bangka. Berikut detailnya :

Resep kerupuk ikan kemplang Bangka
• 1 Kg Gram tepung tapioka
• 7 Butir telur bebek
• 1 Sdm soda kue
• 70 Gram gula pasir
• Garam secukupnya
• 600 Gram ikan tenggiri atau ikan lainnya yang sudah digiling halus

Bagaimana cara membuatnya? Campurkan bahan utama menjadi satu adonan yaitu ikan, telur bebek, soda kue, gula pasir dan garam lalu aduk hingga rata. Tambahkan tepung tapioka lanjut lagi aduk hingga rata sempurna dan keras lembut memadat. Bentuk adonan sesuai dengan selera atau pada umumnya dalam bentuk memanjang dengan ukuran 25 cm berdiameter 6 cm atau menyesuaikan. Bungkus adonan dengan plastik hingga memadat dan masukkan ke dalam tempat kukusan.

Setelah itu, kukus selama 30 – 45 menit lamanya. Angkat dan biarkan hingga dingin atau untuk mempercepat proses pengerasan, masukkan ke dalam lemari pendingin. Potong bahan mentah kerupuk dengan cara diiris tipis dengan diameter 0,3 hingga 0,7 cm dan jemur hingga benar-benar kering di teriknya matahari. Setelah kering kamu dapat menggorengnya dengan minyak goreng panas.

Untuk menikmati kerupuk atau kemplang selain digoreng dengan minyak, kamu dapat menggunakan media pasir untuk menggorengnya. Caranya adalah sediakan pasir kerikil halus berasal dari pantai. Pasir kerikil halus tersebut harus dicuci bersih dan jemur hingga kering. Sediakan wajan penggorengan lebar dan masukkan pasir kerikil yang sudah kering tadi.

Biarkan pasir hingga panas. Benamkan kerupuk ke dalam pasir kerikil panas tadi hingga mengembang merekah, sesekali bolak balik kemplang. Untuk membuatnya gurih dan renyah kuncinya ada di bahan dan pengolahan adonan yang merata sempurna. Bahan yang dimaksud adalah soda kue untuk membuat kerupuk merekah dan mengembang saat digoreng dan telur bebek serta tepung tapioka mesti berkualitas. Jika Wakulovers ingin memesannya secara online, kamu bisa mengunjugi laman kami di wakuliner.com/kulinernusatara.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Mengonsumsi Sambal Bisa Membuat Kamu Sehat Loh!

sam.jpgSambal adalah salah satu makanan pedas yang mayoritas disukai oleh orang Indonesia. Bagi Orang Indonesia, tanpa sambal makanan akan terasa hambar dan kurang mantap. Cabai adalah bahan utama pembuatan sambal. Cabai juga mudah ditemukan, seperti di pasar tradisional ataupun supermarket.

Kamu salah satu pecinta makanan pedas? Ada kabar gembira untuk kamu. Menurut penelitian yang dilakukan di China dan diterbitkan pada jurnal BMJ Inggris, bahwa orang yang mengonsumsi makanan pedas 6-7 hari dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian sekitar 14%. Cabai memiliki senyawa kapsaisin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, kali ini Wakuliner akan menginformasikan beberapa manfaat Cabai yang juga dapat dijadikan sambal, antara lain :

1. Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi sambal dapat membakar kalori pada tubuh kita pada saat mengunyah makanan kurang lebih selama 20 menit. Mengonsumsi sambal juga dapat menigkatkan nafsu makan diet kamu. Saat kamu hanya makan makanan yang sederhana berupa rebusan kamu dapat menambahkan sambal agar rasanya lebih nikmat.

2. Menguatkan Jantung dan Anti Kanker
Mayoritas penyakit jantung disebabkan oleh pembekuan darah. Cabai dapat melancarkan peredaran darah, mencegah adanya penggumpalan darah, dan menghambat pertumbuhan kanker karena cabai mengandung kapsaisin. Jadi mengonsumi sambal merupakan alternatif yang tepat untuk masalah jantung dan kanker. Akan tetapi mengonsumsinya harus dalam takaran normal ya, karena jika berlebihan akan mengakibatkan sakit perut.

3. Mencegah Stroke
Seperti yang tadi dijelaskan bahwa cabai mengandung kapsaisin yang dapat melancarkan peredaran darah, hal ini juga dapat mencegah stroke dikarenakan tidak adanya penggumpalan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit stroke.

4. Menghilangkan Gejala Flu, Hidung Tersumbat, dan Pernapasan
Mulai kurangi mengonsumsi obat-obatan kimia, karena jika dikonsumsi terus-menerus juga tidak baik. Bagi kamu yang sedang flu dan hidungnya tersumbat, kamu bisa mencoba mengonsumsi Cabai atau Sambal. Mengonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan dapat meringankan gejalanya dan memperlancar pernapasan.

Nah itu beberapa manfaat mengonsumsi makanan pedas. So, kamu sudah siap untuk mengonsumsi sambal pedas? Jika Wakulovers tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuatnya sendiri atau terlalu malas untuk membuatnya, kamu bisa kok memanfaatkan fitur Kuliner Nusantara pada Aplikasi Wakuliner. Pesan langsung Sambal dengan level pedas dan varian rasa atau topping yang kamu mau di Wakuliner via mobile app kami atau mengunjungi laman kami di wakuliner.com/kulinernusantara.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Hati-hati! Resep Sosis Solo ini Bisa Buat Ketagihan!

sos.jpgSosis Solo adalah makanan khas dari kota Solo yang terbuat dari daging sapi atau ayam giling kemudian dibungkus dengan dadar telur dan memiliki rasa yang sangat lezat. Sosis Solo ini merupakan jenis jajanan pasar juga. Cocok dimakan saat hangat – hangatnya sebagai camilan apalagi kalau ditambah dengan cabe rawit saat memakannya. Ternyata masih banyak loh orang – orang yang tidak mengetahui Sosis Solo ini dan mengira bahwa Sosis Solo ini berisi sosis padahal berisi ayam.

Sosis Solo ini memiliki bentuk seperti lumpia, namun bagian dalamnya berisi daging yang dicincang dan diberi bumbu racikan khusus yang memberikan sensasi kenikmatan yang luar biasa. Ada 2 jenis Sosis Solo yang dikenal yaitu :
1. Sosis Solo Basah yaitu sosis solo yang dikukus.
2. Sosis Solo Goreng.

Berikut adalah resep untuk membuat Sosis Solo goreng mudah dan dijamin enak.

Bahan Kulit Dadar :
• 200 gr tepung terigu
• 4 butir telur
• 200 ml air
• 1 sdt garam
• Minyak goreng
• Larutan sagu secukupnya untuk lem

Bahan Isi :
• 300 gr daging giling
• 2 siung bawang putih, haluskan
• 1 sdt merica bubuk
• 1 sdt garam
• 1 sdm gula pasir
• 2 sdm irisan daun bawang
• 2 sdm minyak
• 100 ml air

Cara membuat :
1. Campur telur, terigu, air dan garam hingga rata kemudian buat dadar pada wajan anti lengket.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan daging dan air, masak dengan api sedang hingga air menyusut. Tambahkan daun bawang, masak kembali hingga mengering.
3. Bentangkan dadar, isi dengan tumisan daging tadi secukupnya, gulung lalu lem dengan larutan sagu. Sisihkan.
4. Panaskan minyak, goreng dengan minyak panas sedang.
5. Sajikan sosis solo dengan cabai rawit.

Bagaimana nih Wakulovers? Mudah bukan? Buat kamu yang mau membeli Sosis Solo bisa lho langsung mengunjungi laman kami di wakuliner.com/kateringatau lewat Aplikasi Wakuliner pada fitur Katering. Kami menyediakan pesanan katering untuk kamu para Wakulovers yang ingin mengadakan acara seperti arisan, hajatan, dan lain lain dengan jajanan pasar ini.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sosis_Solo
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/998204-resep-sosis-solo-jajanan-pasar-yang-mudah-dibuat-di-rumah
https://www.theboxsceneproject.org/resep-sosis-solo-goreng/

Manfaat Madu Hutan Untuk Kesehatan

mad.jpgMakanan Nusantara Online – Sebagaimana telah kita ketahui bahwa, madu merupakan salah satu bahan alam yang dihasilkan dari lebah dan bunga. Madu yang dihasilkan dari lebah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sudah sejak lama madu disebut sebagai obat untuk segala macam penyakit. Bahkan ada beberapa obat yang memiliki bahan dasar madu.

Sebagai pusat Makanan Nusantara Online yang juga menyediakan penjualan madu hutan asli Sumatra secara online, Wakuliner akan membahas tentang apa saja manfaat madu hutan untuk kesehatan. Berikut ulasannya :

Secara umum, madu hutan memiliki manfaat sebagai berikut ini :
• Meningkatkan kesuburan bagi wanita dan pria.
• Membantu tubuh menstabilkan tekanan darah tinggi.
• Bagi penderita anemia, mengkonsumsi madu hutan dapat menjadi solusi untuk mengatasi anemia.
• Mengatasi masalah saluran pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, mencegah terjadinya diare dan masalah pencernaan lainnya.
• Membantu tulang agar terhindar dari osteoporosis.
• Mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat alergi yang dialami oleh tubuh.
• Sebagai salah satu bahan alami yang dipercaya untuk mengatasi penyakit mata.
• Menguatkan sel darah putih yang ada di dalam tubuh.
• Kandungan aktif yang ada di dalam madu hutan dapat mengobati luka yang dialami oleh manusia dan mencegah dari timbulnya infeksi.
• Madu hutan dapat digunakan sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.

Madu hutan yang dihasilkan dari lebah madu liar biasanya mendapatkan makanan alami yang berasal dari alam sehingga menghasilkan madu asli yang memiliki banyak manfaat. Madu yang dihasilkan oleh lebah madu liar ini mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, enzim dan mineral. Seperti bahan yang dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya, madu hutan mengandung antioksidan, flavonoid, alkaloid dan juga vitamin C. Kandungan yang terkandung di dalam madu hutan inilah yang membuat madu hutan memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Satu hal yang perlu diperhatikan, madu hutan memang memiliki khasiat yang sangat banyak untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi kadar konsumsinya jangan terlalu banyak ya dan harus diimbangi dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat juga Wakulovers.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Lihat Nih Resep Pizza Mini Sederhana, Enak, dan Anti Gagal!

re.jpgPizza adalah makanan berbahan dasar roti dengan bentuk bundar dan dipanggang. Dengan perpaduan antara roti pizza dan taburan/topping seperti daging dan saus, salami dan pepperoni, ham, bacon, nanas dan zaitun, sayuran paprika, juga bawang bombay, jamur dan lain – lain akan memberikan sensasi yang sangat berbeda ketika kita makan dalam keadaan masih panas, ditambah lagi dengan perpaduan keju mozzarella yang meleleh di atas permukaan pizza. Pizza juga bisa sebagai pengganti nasi karena bentuknya yang cenderung besar dengan diameter kira – kira 30 cm membuat yang memakannya menjadi kenyang.

Saat ini banyak penjual makanan yang membuat Pizza dengan variasi unik yaitu dengan ukuran yang lebih kecil dari biasanya. Pizza ini biasa disebut dengan Pizza Mini karena bentuknya yang kecil. Pizza Mini bisa disajikan untuk kalangan apa saja bahkan anak – anak sekolah suka membeli jajanan ini. Apalagi Pizza Mini ini juga mempunyai harga yang sangat terjangkau jadi anak – anak pun suka membelinya. Bahan dasar Pizza Mini ini sama saja seperti Pizza pada umumnya hanya ukurannya saja yang berbeda. Berikut resep Pizza Mini.

Bahan Roti :
• 300 gram tepung terigu
• 20 gram gula pasir
• 200 ml air es
• 25 gram minyak goreng
• 1 sendok teh ragi instan
• 1 sendok teh garam

Topping
• 100 gram ayam cincang
• ¼ sendok teh garam
• ½ buah paprika hijau
• Sosis ayam
• 150 gram keju mozarella

Saus
• 3 sendok makan tepung terigu
• ¼ siung bawang bombay dicincang halus
• 25 gram keju
• 250 ml susu cair
• 2 sendok makan margarin
• ½ sendok teh garam
• ¼ sendok teh merica bubuk
• ¼ sendok teh pala bubuk

Cara Membuat Pizza Mini :
Roti Pizza
1. Campurkan gula, tepung terigu dan ragi instan.
2. Aduk sampai rata lalu tuangkan air es sedikit demi sedikit dan aduk sampai tercampur rata.
3. Tambahkan garam dan minyak goreng, aduk kembali hingga kalis.
4. Setelah itu diamkan hingga 30 menit.

Saus
1. Panaskan margarin, lalu masukkan irisan bawang bombay. Tumis hingga harum.
2. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga mengental.
3. Setelah itu, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga saus menjadi lebih encer.
4. Tambahkan merica bubuk, garam, pala bubuk, dan keju parut. Aduk kembali hingga matang.

Topping
1. Cincang daging ayam hingga ukuran kecil-kecil.
2. Potong kotak-kotak paprika hijau.
3. Potong-potong sosis ayam sesui selera.
4. Parut keju mozzarella.

Cara Memasak Pizza Mini :
1. Panaskan oven sampai suhu 190 derajat Celcius.
2. Ambil adonan roti sebanyak 10gr. Bentuk bulat lalu pipihkan.
3. Letakkan di atas loyang yang telah diolesi margarin.
4. Setelah itu, olesi roti dengan saus yang telah dibuat sebelumnya.
5. Tambahkan topping di atas saus.
6. Lalu masukan ke dalam oven, panggang selama 7 menit hingga keju meleleh.

Gimana Wakulovers? Mudah Bukan? Pizza Mini dengan berbagai variasi lainnya pasti akan banyak yang mencarinya jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba Pizza Mini sebagai ide bisnis Kamu. Selain itu Wakulovers juga bisa mengunjungi laman kami di wakuliner.com/katering atau lewat Aplikasi Wakuliner pada fitur Katering untuk memesannya dalam jumlah banyak untuk acara-acara penting kamu.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Sumber :
http://chefumi.blogspot.com/2017/10/cara-membuat-pizza-mini-spesial-yang.html
http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-pizza-mini-dan-analisa-usahanya.html
https://selerasa.com/resep-praktis-dan-cara-mudah-membuat-pizza-mini-spesial-yang-enak-dan-sedap